Pemilihan Ilmu Komunikasi Sebagai Bekal Masa Depan #BRIDGINGCOURSE01

Dilahirkan dengan nama lengkap Sasongko, mahasiswa baru Universitas Gajah Mada angkatan 2012 dengan jurusan Ilmu Komunikasi yang berinduk di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik mulai menjadi pembelajar sejak 30 Agustus 2012. Motivasi awal untuk bergabung dengan Ilmu Komunikasi ini adalah melihat luasnya lapangan pekerjaan yang tersedia beserta minat pada bidang seperti perfilman, periklanan, maupun public relation.

Edwin Emery mengatakan bahwa komunikasi adalah seni menyampaikan informasi, ide, dan sikap seseorang kepada orang lain. Hal itu pula yang melandasi mengapa ilmu komunikasi itu penting dan dibutuhkan oleh banyak pihak, khususnya yang berhubungan dengan manusia dan aktivitas manusia saat berinteraksi. Sedangkan menurut penulis, ilmu komunikasi adalah disiplin ilmu yang mengedepankan kontak sosial yang bersifat langsung atau melalui media sehingga tercipta sebuah hubungan tertentu.

Setelah berhasil memasuki Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gajah Mada, terdapat dua pilihan konsetrasi, tepatnya saat mahasiswa telah menginjak semester tiga di bangku perkuliahan. Di Universitas Gajah Mada sendiri hanya menyediakan dua pilihan konsentrasi untuk Jurusan Ilmu Komunikasi yang berkualitas dan berkelas di bidangnya. Yang pertama adalah konsentrasi Komunikasi Media dan Jurnalistik. Di konsentrasi ini akan dipelajari seluk beluk mengenai media yang bisa meliputi film, fotografi,  media cetak, radio dan jurnalisme. Di konsentrasi yang kedua, Komunikasi Strategis dapat menjadi pilihan. Komstra ini mempelajari disiplin ilmu tentang Periklanan dan Publik Relation.

Dengan adanya pilihan konsentrasi tersebut, mahasiswa diharapkan benar dalam memilih sesuai minta dan bakat, karena kedepan bekal itulah yang akan membawa mahasiswa memasuki dunia kerja ataupun sekolah tinggi berikutnya. Sosialisasi yang telah diadakan oleh pihak universitas melalui rangkaian kegiatan PPSMB 2012 (Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru) merupakan sebuah titik terang bagi mahasiswa sehingga mampu memilih konsentrasi yang sesuai nantinya.

Mahasiswa juga dituntut bukan hanya mampu belajar mata kuliah Ilmu Komunikasi melalui teori dalam lingkup perkuliahan, namun juga harus didukung dengan softskill baik di dapat dari organisasi maupun kegiatan lainya. Pentingnya softskill tersebut akan sangat berguna saat mahasiswa terjun ke dunia kerja yang penuh persaingan. IP atau indeks prestasi yang bagus saja belum cukup tanpa kemampuan leadership, management, dan kemampuan pendukung lainya. Mengingat jadwal kuliah yang terkadang memiliki jeda waktu yang relative lama, mahasiswa juga wajib keaktifan dan kecerdasannya untuk pintar dalam memanfaatkan waktu luang yang tersedia untuk membaca buku baik di perpustakaan maupun menggunakan fasilitas wifi yang tersedia untuk kepentingan akademis.

Sebagai kaum intelektual muda, banyak yang menjadi pekerjaan rumah untuk mereka. Butuh mental dan tujuan yang kuat serta jelas untuk mampu bertahan terhadap rintangan yang nantinya akan dihadapi. Pengelolaan waktu yang baik mutlak di miliki bagi setiap mahasiswa yang ingin menuntaskan kuliahnya tepat waktu dan dengan indeks prestasi yang memuaskan. Untuk mencapai Cumlaude, mahasiswa setidaknya mendapatka indeks prestasi kolmulatif sebesat 3,51 dari total IPK sempurna 4,00

Dengan telah ikut serta dalam PPSMB 2012, baik di tingkat universitas, fakultas dan jurusan, kami mahasiswa baru semakin memahami tantangan maupun jalan untuk bekal meraih kesuksesan di masa deapan. Dengan persiapan dari awal semester, bukannya tidak mungkin kami sebagai mahasiswa baru mampu membangun pondasi awal yang kuat sebagai tangga untuk mempermudah di semester kedua dan berikutnya. Bermodalkan kerjakeras dan disiplin, kami yakin dapat meraih IPK sesuai target saat semua visi dilaksanakan secara continue dan konsisten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s